Thursday, 21 September 2017 06:35:29

Tips Desain Ventilasi Rumah Tropis Sempit yang Baik dan Sejuk

Cara membuat desain ventilasi rumah tropis sempit ~ baik, sejuk & dingin - Salah satu komponen yang wajib ada dalam desain hunian adalah ventilasi. Ventilasi atau lubang angin-angin berfungsi sebagai akses keluar masuknya udara dari dan ke dalam rumah. Sebuah hunian perlu ventilasi yang cukup agar penghuninya selalu mendapat udara yang bersih dan segar.

Memasang ventilasi pada bagian-bagian rumah tidak bisa dilakukan sembarangan. Pasalnya, ventilasi bertugas menyaring udara bertekanan tinggi dan menyisakan udara bertekanan rendah di dalam rumah. Pemasangan ventilasi yang tepat akan membuat rumah semakin sejuk dan menyenangkan.

Model Ventilasi Jendela Rumah Dingin

Model Ventilasi pada Jendela Rumah

Sebelum menentukan desain ventilasi rumah Anda, sebaiknya Anda sesuaikan desain ventilasi yang akan Anda buat dengan lingkungan sekitar hunian. Rumah yang berada di kawasan pabrik, jalan raya, atau dekat rel kereta, tentu berbeda penanganannya dengan rumah yang berada di daerah pantai, perbukitan, atau dekat sawah.

Juga, sebaiknya perhatikan model rumah yang Anda miliki. Rumah minimalis dengan luas bangunan tidak terlalu besar lebih membutuhkan ventilasi yang tepat agar penghuninya tidak merasa sumpek dan kepanasan.

Desain Ventilasi Rumah Sempit yang Baik

Rumah minimalis sempit yang didirikan di atas lahan yang tidak terlalu luas sebaiknya benar-benar memperhatikan urusan ventilasi. Setiap ruangan yang ada dalam rumah sebaiknya memiliki 1 atau 2 ventilasi agar sirkulasi udara tetap lancar.

Sirkulasi Udara Atap Rumah

Sirkulasi Udara Atap Rumah

Agar ventilasi tidak terkesan makan terlalu banyak tempat di dinding, pasanglah ventilasi tersebut di atas pintu dan jendela yang Anda miliki. Kisi-kisi berupa dua bukaan sejajar di atas pintu dan jendela, dengan lebar 15 cm dan panjang sama dengan pintu dan jendela di bawahnya, sudah merupakan ventilasi yang baik untuk rumah sempit.

Tidak hanya memenuhi fungsinya sebagai pengatur sirkulasi udara, kisi-kisi ventilasi juga dapat menambah nilai estetika pada rumah Anda. Pilihlah desain ventilasi yang sesuai dengan model pintu dan jendela, dan Anda akan mendapatkan rumah yang tidak hanya cantik, tetapi juga nyaman dan sehat.

Desain ventilasi rumah sempit yang baik akan semakin terbantu jika Anda menyalakan kipas angin di dalam ruangan. Arahkan kipas ke dinding menghadap ventilasi, dan udara segar yang masuk dari ventilasi akan diputar ke seluruh ruangan sehingga rumah menjadi sejuk.

Model Ventilasi Rumah Tropis

Indonesia merupakan negara tropis dimana sinar matahari melimpah sepanjang tahun, bahkan pada musim hujan sekalipun. Untuk itu, rancangan rumah minimalis di Indonesia sebaiknya juga bisa mengakomodasi dua musim ini, yakni musim kemarau yang kering dan musim penghujan yang lembab.

Untungnya, musim di Indonesia tidak se-ekstrem yang ada di Barat, yang kadang musim dinginnya sampai di bawah titik nol derajat, sehingga semua lubang yang ada di dinding rumah wajib ditutup demi menghindari angin dingin yang masuk. di Indonesia hanya ada dua musim, sehingga desain ventilasi rumah tropis pun tidak terlalu kompleks.

Contoh Desain Ventilasi yang Baik

Contoh Desain Ventilasi yang Baik

Salah satu masalah rumah tropis adalah suhu dalam rumah yang selalu tinggi saat musim kemarau. Sekalipun pintu dan jendela telah dibuka lebar, namun hawa panas tetap belum bergerak. Untuk mengatasi hal ini, sebaiknya Anda pasang ventilasi yang saling berhadapan, agar udara yang masuk tidak lantas diam di dalam rumah, melainkan langsung dikirim kembali ke luar.

Cara lainnya adalah memasang jalusi, yakni pintu dan jendela yang terjalin dari kisi-kisi yang rapat, sehingga udara tetap bisa masuk walau pintu dan jendela tertutup. Atau bisa pula Anda buat lubang bukaan di atas dan bawah pintu dan jendela.

Tips Ventilasi Rumah Agar Sejuk

Adanya ventilasi rumah yang baik memang bisa membuat rumah kita menjadi lebih sejuk dan asri. Selain itu, sirkulasi udara yang alami juga jauh lebih baik jika dibandingkan dengan udara buatan yang dihasilkan dari mesin seperti air conditioner. Berikut ini adalah beberapa jenis ventilasi rumah sejuk yang bisa diaplikasikan pada rumah Anda.

Ventilasi Silang

Ventilasi silang adalah ventilasi yang dibuat saling berhadapan pada dua dinding yang berseberangan, sehingga udara yang masuk dapat dikirim langsung ke luar. Hal ini bisa menjaga suhu udara rumah tetap normal.

Ventilasi Atap

Bukaan yang ada di atap akan membuat udara menjadi lebih sejuk, terutama untuk rumah sempit. Ventilasi atap biasanya diletakkan di para-para atau kisi-kisi atap.

Pagar Tanaman

Memperbanyak tanaman hijau di sisi rumah akan mengalirkan udara segar yang alami ke dalam rumah. Tanaman hijau akan mengurangi kadar panas sehingga sangat cocok diterapkan pada rumah di daerah tropis.

Advertisement
Rumah Anda terasa panas dan kurang sejuk? Desain ventilasi rumah yang baik merupakan jawabannya. Simak cara membuat ventilasi rumah tropis berikut ini, Category: Tips Rumah. Tagged with: , , .

Terms: ventilasi udara di atap rumah, cara membuat ventilasi dari bambu, deaain ventilasi rumah rapat, lubang angin rumah unik dari bahan bekas, contoh ventilasi silang, Cr msng btu angin pentelasi rumah 4x6, contoh kamar ventilasi silang, chat minimalis untuk 1 atap, cat tembok warna kuning gading cat kusen warna?, cara membuat ventilasi udara dr barang bekas, contoh ventilasi rumah yang paling, sirkulasi udara agar rumah dipenuhi, desain ventilasi udara rumah, ventilasi udara dapur rumah minimalis, ventilasi udara dapur rumah type, cara membuat ventilasi rumah agar ding in hamdan at t, contoh ventilasi rumah yang kotor, model ventilasi sirkulasi udara pada, youtube cara membuat ventilasi kipas angin, cara membuat ventilasi kamar mandi, tips desain ventilasi rumah tropis sempit yang baik dan sejuk.

error: Content is protected !!