Friday, 23 June 2017 23:40:38

10 Model Tiang Teras Batu Alam Klasik dan Modern

10 model desain tiang teras rumah minimalis, klasik, sederhana & modern - Teras rumah merupakan komponen yang cukup penting dalam seni arsitektur. Selain menjadi tempat untuk bersantai keluarga sembari beramah tamah dengan tetangga, teras juga memegang peranan untuk menentukan tampak depan sebuah rumah. Sebagai bagian dari eksterior rumah, desain teras pun perlu dipikirkan cukup matang.

Salah satu unsur penting dalam desain wajah teras adalah tiang teras. Pemilihan tiang teras merupakan hal krusial karena tidak hanya menyangkut urusan estetika, namun juga keamanan dan ketahanan bangunan Anda. Memilih tiang teras yang indah, sekaligus kokoh dan tahan lama, jelas membutuhkan seni tersendiri.

Model Tiang Teras Rumah Batu Alam Klasik Sederhana

Batu alam banyak dipakai sebagai material utama tiang teras rumah minimalis. Selain strukturnya yang padat, sehingga menghasilkan tiang yang kuat dan tangguh, batu alam juga memancarkan kesan alami yang tidak dibuat-buat. Dengan memilih batu alam sebagai bahan tiang rumah minimalis, Anda akan mendapat tiang yang kokoh sekaligus natural.

Tiang Rumah Batu Alam

Tiang Rumah Batu Alam

Model standar tiang teras dari batu alam adalah balok persegi. Batu-batu andesit yang telah dipotong-potong, disusun bertumpuk menyerupai batu bata. Lebar dan ketebalan tiangnya biasanya sekitar 20 cm.

Batu alam juga sangat bagus diadopsi menjadi tiang dengan gaya mountain style. Sesuai dengan namanya, tiang rumah minimalis ini berbentuk trapesium berdimensi (prisma segi empat) menyerupai gunung, dengan bagian atas lebih sempit dibanding bagian bawah.

Tiang bergaya mountain style biasanya disambung dengan tiang kayu atau beton. Agar semakin menarik, Anda boleh mengkombinasikan batu-batu andesit dengan koral untuk mendapatkan citarasa yang berbeda.

Tiang mountain style yang unik menjadikan gaya ini banyak digunakan oleh rumah-rumah minimalis yang mengusung konsep klasik. Fasad rumah pun menjadi lebih berkarakter.

Tiang Teras Depan Rumah Minimalis Mewah Bulat

Tiang berbentuk bulat banyak dipakai oleh rumah minimalis mewah. Tiang bulat mengadopsi pilar-pilar bergaya Romawi yang digunakan pada zaman Renaissance. Saat itu, pilar tiang bulat merupakan salah satu karya arsitektur yang banyak mendapat sorotan.

Tiang Rumah Mewah Bulat

Tiang Rumah Mewah Bulat

Tiang teras rumah minimalis berbentuk bulat lebih terlihat modern daripada tiang dari batu alam. Tidak hanya terlihat kekinian, tiang bulat juga mengundang kesan mewah, gagah, dan eksklusif, terutama jika dibuat dengan ketinggian lebih dari tiga meter.

Tiang bulat rumah minimalis biasanya berdiameter 20 cm sampai 30 cm. Semakin besar garis tengah lingkarannya, semakin kokoh pula tiang tersebut menyangga bagian rumah. Bagian bawah tiang bulat biasanya berupa pondasi persegi atau lingkaran besar. Agar semakin menawan, Anda bisa menambahkan ukiran-ukiran bergaya khusus pada sekeliling tiangnya.

Desain Model Tiang Teras Rumah Minimalis

Desain Model Tiang Teras Rumah Minimalis

Harga tiang bulat berbahan beton lebih murah dibanding yang berbahan batu alam. Namun, jika Anda ingin membuat tiang bulat dengan batu alam sebagai material, Anda akan mendapatkan kualitas tiang yang tidak main-main. Marmer dan batu onyx bisa Anda jadikan pilihan untuk tiang Anda, namun tentu dengan budget yang juga tidak sedikit.

Model Tiang Teras 2 Lantai Modern

Tiang teras untuk rumah minimalis berlantai satu berbeda dengan tiang untuk rumah dengan dua lantai. Pada rumah berlantai tunggal, tiang teras biasanya hanya menyangga atap teras yang tidak terlalu besar. Sementara pada rumah 2 lantai, tiang terasnya menyangga atap teras yang juga berfungsi sebagai lantai balkon. Sehingga, perlu kualitas tiang yang lebih baik dan lebih terjaga ketahanannya.

Tiang teras dua lantai umumnya dibedakan menjadi dua jenis, yakni tiang yang hanya menyangga atap teras dan lantai balkon (biasanya panjang sekitar 3-4 meter, tergantung ketinggian langit-langit rumah), serta tiang yang tersambung menjadi tiang balkon, sehingga menopang atap teras, lantai balkon, dan atap balkon (biasanya panjang 6-7 meter).

Contoh Foto Tiang Rumah Sederhana

Contoh Foto Tiang Rumah Sederhana

Batu alam dan beton telah terbukti menjadi bahan tiang teras yang sangat kokoh, bahkan untuk tiang dua lantai sekalipun. Sebenarnya Anda bisa juga memilih tiang berbahan kayu dan steinless, namun ketahanannya belum teruji. Selain itu, tiang yang menggunakan material kayu tentu membutuhkan kayu gelondongan yang tua, keras, dan tidak gampang lapuk, yang tentu saja mewajibkan Anda merogoh kocek lebih dalam.

Galeri Foto dan Gambar Tiang Teras Rumah Minimalis

Bagi Anda yang sedang mencari contoh desain tiang teras rumah, berikut ini beberapa koleksi foto dan gambar tiang rumah minimalis yang bisa Anda jadikan referensi.

Advertisement
Contoh model tiang teras rumah minimalis baik tiang rumah bulat, tiang rumah klasik maupun tiang rumah 2 lantai sederhana. Category: Teras. Tagged with: , , .

Terms: model tiang teras bulat, model tiang teras rumah batu alam, kombinasi cat untuk tiang teras hitam kuning emas, harga pilar rumah minimalis, teras rumah minimalis batu alam, harga pilar klasik, cat untuk tiang seperti batu bata, Desain pilar, bentuk tiang teras bulat, gambar teras 4 tiang minimalis, contoh bentuk tiang teras rumah, gambar tiang teras rumah sederhana, tiang teras rumah 2 lantai bulath, foto tiang teras rumah klasik, model tiang teras rumah batu, tiang teras rumah mewah klasik, foto profil tiang teras rumah, model tiang teras rumah batu alam, model tiang teras rumah klasik, tiang teras rumah 2 lantai modern, 10 model tiang teras batu alam klasik dan modern.

error: Content is protected !!