Sunday, 24 September 2017 06:57:29

Tips dan Cara Perawatan Kolam Renang Minimalis di Rumah Sendiri

Tips & cara perawatan kolam renang pribadi di rumah sendiri - Memiliki kolam renang di rumah sendiri tentu banyak keuntungannya. Selain merupakan simbol kemewahan, kolam renang juga mampu menghadirkan kesan sejuk, alami, dan tenang pada rumah minimalis yang sedang Anda huni.

Namun, kolam renang tentu membutuhkan perhatian khusus terkait perawatannya. Mengingat kolam renang biasanya berada di outdoor, tentu rentan sekali tercampur debu maupun kotoran lain yang berasal dari luar. Apalagi musim di Indonesia yang ampuh sekali menumbuhkan lumut dan kerak jika tidak dibersihkan secara maksimal.

Anda dapat memanggil tenaga ahli untuk merawat kolam renang Anda secara profesional. Namun, menyewa tenaga ahli tentu membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Apalagi, kolam renang menuntut untuk dibersihkan secara berkala dan rutin agar jamur dan kotoran yang ada pada kolam tidak terlalu menumpuk. Maka, tidak ada salahnya Anda mempelajari cara merawat kolam renang minimalis secara mandiri.

Cara Perawatan Air Kolam Renang Pribadi Rumah Minimalis

Untuk merawat kolam renang secara mandiri, hal yang perlu Anda perhatikan adalah penggunaan obat-obatan saat pembersihan kolam renang. Demikian juga dengan istilah-istilah kesehatan mengenai kolam renang yang perlu sekali Anda pahami.

Model Kolam Renang Unik Pribadi

Model Kolam Renang Unik Pribadi

Bagi Anda yang sedang mencari cara untuk merawat kolam renang sendiri, maka di bawah ini beberapa panduan merawat air kolam renang minimalis yang bisa Anda aplikasikan.

1. Tingkat keseimbangan pH

Tingkat pH air yang dianjurkan yakni 7,2 hingga 7,6 pada kondisi basa. Pada kondisi ini, klorin dapat bekerja sempurna untuk mencegah karat pada kolam renang. Alat pengukur pH air (pH meter) dapat dengan mudah Anda beli pada toko pertanian atau pengairan.

Jika pH air terlalu rendah, Anda dapat menambah pH-nya dengan memasukkan beberapa tetes cuka. Sedangkan jika pH-nya terlalu tinggi, bisa diturunkan dengan mencampur air rebusan daun ketapang.

2. Sanitasi

Sanitasi diperlukan guna mencegah pembiakan virus, bakteri, serta alga. Untuk menjaga agar kondisi kolam tetap baik, tambahkan klorin secara teratur, minimal seminggu sekali.

3. Membersihkan Kotoran

Jika debu pada kolam renang Anda mulai menumpuk, atau mulai ada tanda-tanda pembiakan serangga, sebaiknya kuras segera kolam sebelum kotoran semakin parah. Sebaiknya Anda juga menyikat pinggir kolam renang setidaknya satu kali seminggu, agar bibit-bibit lumut dan kerak lenyap.

4. Merawat Air Kolam

Selain klorin, obat lain yang perlu Anda masukkan ke dalam kolam renang adalah kaporit. Kaporit berfungsi menjernihkan air, membunuh virus dan bakteri, serta menaikkan pH air. Lakukan penambahan kaporit setiap satu minggu sekali.

Jangan lupa pula membersihkan filter serta melakukan pembilasan setidaknya satu kali per minggu. Hal ini dapat mencegah air kolam berwarna keruh karena penyaringan yang tidak maksimal.

Well, di atas adalah beberapa tips dan cara merawat kolam renang pribadi yang bisa Anda coba agar kolam renang Anda tetap nyaman dan sehat untuk digunakan sewaktu-waktu. Selamat mencoba!

Advertisement
Merawat kolam renang di rumah membutuhkan sedikit pengetahuan yang terkadang tidak banyak diketahui. Berikut ini tips dan cara merawat kolam renang pribdadi di rumah sendiri. Category: Kolam Renang, Tips Rumah. Tagged with: , , .

Terms: cara merawat air kolam renang agar tetap jernih, perawatan kolam renang di jogja, perawatan kolam renang di rumah saya, cara benar membersihkan kolam renang, perawatan kolam renang di rumah pohon, jasa perawatan kolam renang di surabaya, perawatan kolam renang di rumah, tips merawat kolam renang, cara water treatment kolam renang, cara membersihkan kolam renang pribadi anak, tips dan cara perawatan kolam renang minimalis di rumah sendiri.

error: Content is protected !!